بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

selama menunaikan ibadah puasa

selama menunaikan ibadah puasa

Kamis, 13 Maret 2014

rasanya kurang enak, kalo gak pakek ini...Saus Switching ala Cisco.

udah lama gak nulis lagi, seneng banget gan rasanya bisa nulis lagi,..
ini gan, yang pengen ane tulis sejak kemaren...karna lagi pindah, yang kemaren belajar.. sekarang baru kerja.. sekalian, kerja sambil belajar...
oke gan, sebelum ane nulis saus switching ala Cisco, ane pengen crita dikit nih tentang pengalaman kerja ane di bidan network ini,,, cukuup simpel gan cerita ane,,sebelumnya ane tuh belum pernah bekerja di network atau jaringan, jadi baru pertama kali ini kerja PT.SISCOMtech. ini aedalah salah salah satu perusahaan yang ngurusin masalah jaringan gan.. jadi dari sini ane akan gali pengalaman di bidang network.. he he..
nanti klo ane nemu hal yang baru dalam pengalamannya, insyaallah nanti ane sharing disini gan...:v.
yah, ane udah cerita ya.. sekarang ane mau buat saus SWITCHING ala Cisco.
maksudnya gan...kumpulan konfigurasi swithing. yang masih tingkatan CCNA. tpi jangan salah gan. nanti pastinya yang paling banyak di gunankan ketika kita kerja malahan ini gan..jadi penting juga ini..
langsunga saja gan... berikut fungsi dan konfigurasinya.

cara config VLAN :
switch (config)# vlan 10
switch (config-vlan)# name manager
switch (config)# vlan 20
switch (config-vlan)# name marketing

cara assign VLAN ke port :
switch (config)# interface fa0/1
switch (config-if)# switchport acces vlan 10
switch (config)#interface fa0/2
switch (config-if)# switchport acces vlan 20

cara config TRUNK :
switch (config)# interface fa0/1
switch (config-if)# switchport mode trunk
switch (config)# interface fa0/2
switch (config-if)# switchport mode trunk

cara config STP (spanning tree protocol ):
switch (config)# spanning-tree vlan 1 priority 0

cara config Port Security :
switch(config)# interface fa0/1
switch (config-if)# switchport mode acces
switch (config-if)# switchport port-security
switch (config-if)# switchport port-security mac-address sticky
switch (config-if)# switchport port-security violation restrict
switch (config-if)# switchport port-security mac-address sticky
switch (config-if)# switchport port-security violation shutdown
switch (config-if)# switchport port-security mac-address sticky
switch (config-if)# switchport port-security violation protect  

cara config DHCP :
switch(config)# ip dhcp pool vlan10
switch(dhcp-config)# network 10.10.10.0 255.255.255.0
switch(dhcp-config)# dns-server 8.8.8.8
switch(dhcp-config)# default-router 10.10.10.1
untuk membatasi ip dhcp :
switch(config)# ip dhcp excluded-addres 10.10.10.1 10.10.10.10

cara config VTP ( virtual Trunking protocol ) :
switch(config)# interface range fa0/1 - 2
switch(config-if)# switchport mode trunk 
switch(config)#  vtp mode serverswitch(config)#  vtp domain belajar
switch(config)#  vtp password rahasia
switch(config)#  vtp mode tranparentswitch(config)#  vtp domain belajar
switch(config)#  vtp password rahasia
switch(config)#  vtp mode clientswitch(config)#  vtp domain belajar
switch(config)#  vtp password rahasia

cara config Etherchannel :
Etherchannel LACP ( open ):
switch(config)# int range fa0/1 - 3
switch(config-if-range)# channel-group 1 mode activeswitch(config-if-range)# int port-channel 1
switch(config-if)# switch mode trunk
Etherchannel LACP ( proprietary ):
switch(config)# int range fa0/1 - 3
switch(config-if-range)# channel-group 1 mode desirableswitch(config-if-range)# int port-channel 1
switch(config-if)# switch mode trunk
Etherchannel  switch L3:
switch(config)# int range fa0/1 - 3
switch(config-if-range)# channel-group 1 mode onswitch(config-if-range)# int port-channel 1
switch(config-if)# switch mode trunk

cara config portfast :
switch(config)# int range fa0/1 - 4
switch(config-if-range)# spanning-tree portfast

cara config routing inter VLAN :
Router (config)# int f0/0
Router (config-if)# no shutdown
Router (config-if)# int f0/0.10    <<<< SUB INTERFACE
Router (config-subif)# encapsulation dot1q 10
Router (config-subif)# ip address 10.10.10.1 255.255.255.0

sebenernya gan, ane nulis ini itu selain untuk berbagi juga sebagai rangkuman ane pribadi.. buat jaga2 klo nanti seandainya ane lupa configurasinya ketika lagi ada problem di client ato gimana gitu.. jadi tinggal buka blog dah...klo gak ada acces internet, bisa buka lewat hape.. oke gan... selain bermanfaat untuk diri pribadi juga bermanfaat untuk yang lainnya....
oke gan, thank's udah mampir...
salam sukes.......:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar