بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

selama menunaikan ibadah puasa

selama menunaikan ibadah puasa

Rabu, 22 Januari 2014

Lab 3. Menghubungkan Router ke Switch

oke sobat semua, sebelumnya terimakasih, udah mampir ke blog ku ini,..
kali ini aku pengen posting  bagaimana menghubungkan router ke switch.
sobat akan belajar menghubungkan router ke switch, tapi dimana di dalam switch tersebut ada beberapa vlan.
pada kondisi di atas , kedua vlan yang berbeda network masih belum dapat saling berkomunikasi. untuk itu sobat memerlukan perangkat layer 3 yakni bisa berupa Switch multilayer ( switch yang sudah bisa digunakan sebagai router) ataupun sebuah router. nah kali ini sobat akan balajar menggunakan router.
 

apabila sobat menghubungkan switch ke router dimana ada beberapa VLAN yang perlu dilewatkan diantaranya, maka pada switch di set mode trunk. Namun bila pada switch hanya terdapat 1 vlan saja, maka cukup di set mode acces saja sob. kali ini karena sobat ingin melewatkan beberapa vlan yakni vlan 10 dan  20, maka di sisi switch perlu di set mode trunk. gunakan kabel straight untuk menghubungkan dari switch ke router.





pertama sobat harus buat vlan 10 dan 20 pada masing switch, kemudian daftarin PC ke port 1 dan 2  pad masing-switch, kemudian sambungin switch bawah dengan switch atas  menggunakan mode trunk.
baru di switch yang atas sobat colokin/ sambungin ke router, karna pada gambar di atas sambungan yang di switch nyoloknya di port yang ke 11, jadi konfigurasi pada sobat daftarinnya (interface) seprti ini:
konfigurasi Switch atas:
switch>
switch> enable
switch# conf t
switch (config)# int f0/11
switch (config-if)# switchport mode trunk
 selanjutnya di sisi router konfigurasikan seperti berikut:
Router> enable
Router# conf t
Router (config)# int f0/0
Router (config-if)# no shut
Router (config)# int f0/0.10     <<< SUB INTERFACE
Router (config-subif)# encapsulation dotq 10
Router (config-subif)# ip address 10.10.10.1 255.255.255.0
Router (config)#int f0/0.20ang berbe
Router (config-subif)# encapsulation dotq 20
Router (config-subif)# ip address 20.20.20.1 255.255.255.0

pada router sobat membuat subinterface sejumlah vlan yang di lewatkan,dalam hal ini karena hanya ada 2 vlan, maka sobat akan membuat 2 subinterface pada router, yakni dengan menambahkan simbol titik pada interface utamanya di ikuti dengan nomor vlannya.
F0/0 = main interface---> f0/0.10 dan f0/0.20 = subinterface, yaitu sub vlan10 dan sub vlan 20.
tipe encapsulation yang di gunakan adalah dot1q (802.1q), pilihan lainnya adalah ISL (cisco proprietary).namun demikian sobat semua, tidak semua router dan switch support / mendukung ISL, sehingga encapsulasi dot1q lebih banyak digunakan. pada switch, tanpa kita definisikan tipe enkapsulasinya, maka yang digunakan switch adalah dot1q secara default.
dan langkah sobat selanjutnya adalah memeberi IP pada masing-masing PC/ komputer, karna kali ini sobat menngunakan router maka ip getway nya juga harus di isi,untuk vlan 10, getway nya 10.10.10.1, dan vlan 20 getway nya 20.20.20.1,sesuai gambar di atas.
lalu pengetesannya lakukan tes ping ke ip getway nya terlebih dahulu, bila mendapatkan reply / balasan, selanjutnya sobat lakukan ping ke PC yang berbeda vlan.
kemudian coba tampilkan ip interface brief nya di router.dengan perintah Show ip int br.
maka sobat sudah selesai menghubungkan router ke switch yang terdapat 2 vlan.
terimakasih semoga membantu sobat semua...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar